Selasa, 19 September 2023

SELAYANG PANDANG PERPUSTAKAAN PANDU SMP NEGERI 1 SANDEN

 Selama ini perpustakaan diasumsikan hanyalah sebuah bangunan di pojok sekolah yang berisi tumpukan buku-buku paket, yang ditumpuk  sejak zaman bahaeula. Namun, anggapan itu akan pudar apabila Anda mengunjungi perpustakaan Pandu di SMP Negeri 1 Sanden. Perpuskaan Pandu jauh dari stigma gudang buku paket. 

Perpustakaan ini sudah terakreditasi A dari Perpusnas. Tentu saja perpustakaan yang terakreditasi  dapat dijadikan referensi sebuah perpustakaan dengan fungsi yang sebenarnya. Hampir tiap hari perpustakaan yang buka pada pukul 07.00 s.d. 16.00 ini selalu ramai oleh aktivitas siswa dan guru. Tempatnya yang luas dan nyaman dan sejuk, membuat warga sekolah betah berada di dalamnya. Koleksi buku juga sangat banyak dan beragam. Buku-buku baru terpajang dengan rapi di depan sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan buku-buku baru yang diinginkan. Majalah dan surat kabar juga sangat beragam. 

Selain buku fisik, perpustakaan ini juga dilengkapi dengan buku-buku digital dan E-book yang dapat diakses pengunjung melalui komputer yang disediakan di perpustakaan. Area baca di luar juga sangat luas, baik di depan gedung maupun di gubug-gubug baca yang tersedia di sekitar perpustakaan. Pengunjung dapat menelusuri buku yang diinginkan dengan aplikasi yang tersedia. 

Jadi, yuk berkunjung ke perpustakaan Pandu. Berikut gambar-gambar pendukungnya. (red WDT)