Kamis, 21 September 2023

PEMBERIAN TABLET TAMBAH DARAH YANG MENYENANGKAN

 SMP I Sanden menjalin kerjasama yang baik dengan dinas kesehatan dalam hal ini adalah Puskesmas Sanden. Kerja sama ini antra lain adalah pemberian Tablet Tambah Darah yang ditujukan kepada siswa putri dari kelas 7,8 dan 9. Pemberian TTD di SMP I Sanden dilaksanakan secara berkala, setiap minggu sekali dan biasanya dilaksanakan setiap hari Jumat setelah istirahat sekolah. 

Tujuan dari pemberian TTD ini adalah untuk mencegahan terjadinya anemia di kalangan siswa putri. Hal ini dikarenakan siswa putri setiap bulannya mengalami haid yang menyebabkan siswa putri tersebut kehilangan banyak sel darah merah. Hal ini kalau tidak ditanggulangi dengan pemberian asupan makanan yang baik dan pemberian tablet tambah darah siswa rawan mengalami gejala anemia seperti  lemah, letih, lesu, lungkrah, lunglai dan sebagainya.  Hal ini akan menyebabkan prestasi dan produktifitas belajar menurun.


Pemberian TTD bagi siswa putri SMP I Sanden disambut para siswa dengan rasa senang hati.  Setiap hari Jum’at para kader kesehatan yang dipelopori oleh Petugas PMR SMP I Sanden dengan ikhlas dan suka rela mengambil dan membagikan TTD kepada teman-temannya. Mereka didampingi dan disaksikan oleh guru kelas minum TTD bersama-sama.

Pada hari Jum’at tanggal 25 Agustus 2023 itu sekolah mendapat undangan dari Puskesmas Sanden untuk mengirimkan 120 siswa putri dalam rangka Aksi Bergizi bersama Diajeng Bantul. Nah berangkatlah 120 siswa putri tersebut ke Puskesmas Sanden pukul 7.00 wib diantar Pembimbing UKS dan Pembina OSIS. Setelah selesai mengisi data para siswa diajak mengikuti senam bersama. Selesai senam sembari beristirahat siswa disuguhi makanan lengkap untuk sarapan bareng, dilanjutkan minum TTD. Usai minum TTD mendengarkan sosialisasi dan dialog Aksi Bergizi dari Diajeng Bantul dengan tema Wujudkan Remaja Putri Sehat menuju Generasi Hebat. Acara diakhiri dengan bernyanyi bersama, main game dan pembagian doorprice serta foto bareng.

Dengan wajah berseri dan senyum yang riang para siswa berpamitan dan tak henti-hentinya mereka mengucapkan syukur dan terima kasih. “Buk besok kami diundang lagi ya, dan sering-sering diadakan acara seperti ini lagi…” seloroh Fazura dikuti suara tawa teman-temannya. (red SR)