Kamis, 09 November 2023

“Adibasa Adiwangsa” Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda yang Penuh Makna


Bulan Oktober adalah bulan yang istimewa. Selain diperingati sebagai hari sumpah pemuda pada tanggal 28, Oktober juga diperingati sebagai bulan bahasa. Adanya bulan yang istimewa ini diperingati dengan penuh makna oleh SMPN 1 Sanden. 

Peringatan bulan bahasa pada tahun ini bertemakan “Adibangsa Adiwangsa”. Berdasarkan KBBI daring, adibangsa mengandung arti 'bahasa yang indah' dan 'bahasa yang luhung', sedangkan adiwangsa berarti 'bangsa utama (mulia)'. Slogan tersebut menyiratkan bahwa bahasa yang ada di Indonesia menjadi sumber kekayaan untuk menjadi negara yang maju. Adanya berbagai bahasa daerah dan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, maka masyarakat Indonesia perlu memiliki kemampuan berbahasa yang baik sehingga dapat menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang unggul.




Berbagai rangkaian kegiatan peringatan bulan bahasa dan hari sumpah pemuda dilaksanakan di SMPN 1 Sanden. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan diantaranya lomba poster anti bullying, lomba resensi buku dan lomba pojok baca. Puncak acara perayaan bulan bahasa dan peringatan hari sumpah pemuda dilaksanakan dengan kegiatan “Aktualisasi Bahasa” melalui karya puisi masal dan pengumuman juara lomba. Seluruh warga sekolah berpartisipasi aktif dalam puncak peringatan bulan bahasa. Kepala Sekolah, Bapak Ibu Guru, Kayawan, dan seluruh peserta didik berkumpul di lapangan untuk membuat puisi masal dan memeriahkan peringatan bulan bahasa.



Kegiatan puncak peringatan bulan bahasa dan sumpah pemuda ditutup dengan roadshow/kampanye poster anti bullying, dan pembuatan pasar pantun. Setiap kelas menampilkan poster anti bullying yang sudah dibuat dan dicetak di depan warga sekolah sembari mengkampanyekan STOP BULLYING. Setelah seluruh kelas mengkampanyekan hasil posternya, kegiatan terakhir adalah membuat pasar pantun. Semua peserta didik membuat pantun dan dipajang di kelasnya masing-masing.