Minggu, 17 Desember 2023

SMP Negeri 1 Sanden Outing Class ke 3 Museum

Selasa, 12 Desember 2023 SMP Negeri 1 Sanden melaksanakan agenda rutin setiap tahun yaitu kunjung museum atau outing class untuk seluruh siswa-siswi kelas 7. Kegiatan kunjung museum ini bertujuan agar menambah wawasan dan pengetahuan, selain itu siswa diharapkan mampu mengambil pelajaran dari apa yang mereka lihat dan simak serta dapat memberikan pengalaman dan meningkatkan kerjasama antar siswa dalam membuat video laporan kegiatan kunjung museum ini.

         Destinasi kunjung museum tahun ini ada 3 museum antara lain : Museum Sasmitaloka Panglima Jendral Sudirman, Museum Biologi, dan Monumen Jogja Kembali (Monjali). Ketiga museum tersebut berada diwilayah Yogyakarta, jadi dapat di jangkau dengan mudah. Para siswa bersiap dan berkumpul di sekolah pukul 07.00 WIB. Diawali dengan pengarahan dari Kepala Sekolah Ibu Windarti, M.Pd. Beliau berpesan agar siswa-siswi SMP Negeri 1 Sanden selalu menjaga nama baik sekolah saat melaksanakan kegiatan diluar sekolah.

    Setelah mendapat pengarahan, rombongan berangkat menuju museum yang pertama yaitu museum Jendral Sudirman yang terletak di Jl. Bintaran Wetan No.3, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta. Museum ini merupakan tempat untuk mengenang pengabdian, pengorbanan dan perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman. Setelah dari Museum Sasmitaloka Panglima Jendral Sudirman, kemudian beralih menuju destinasi yang kedua yaitu Museum Biologi UGM yang terletak di Jalan Sultan Agung No. 22 Yogyakarta. Di Museum ini siswa-siswi dapat melihat dan mengamati hewan dan tumbuhan dalam bentuk awetan kering, awetan basah serta fosil yang berasal dari daerah di Indonesia bahkan dari luar negeri.

        Destinasi terakhir yaitu Monumen Jogja Kembali (Monjali) yang berada di Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebelum berkeliling untuk mengamati koleksi dari museum ini, rombongan dari SMP Negeri 1 Sanden diarahkan ke sebuah aula untuk mendengarkan penjelasan serta menonton film pendek perjuangan para pahlawan.

        Koleksi museum ini tentang peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia, perang Gerilya dengan Sistem Pertahanan Rakyat Semesta, koleksi yang berhubungan dengan peristiwa Serangan Umum 1949, dan koleksi yang berhubungan dengan Yogyakarta sebagai Ibu Kota Negara Republik Indonesia. (MFD)