Rabu, 13 Desember 2023

JUM'AT SEHAT SARAPAN BERSAMA WARGA SMP 1 SANDEN

 

    SMPN 1 Sanden menyelenggarakan kegiatan sarapan bersama. Sarapan bersama yang menyenangkan dilaksanakan di lapangan basket SMPN 1 Sanden dan diikuti oleh seluruh warga sekolah. Seluruh warga sekolah membawa bekal sarapannya masing-masing dan makan bersama di lapangan basket. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memfasilitasi dan memberikan edukasi terutama kepada peserta didik tentang pentingnya sarapan pagi.
    Sarapan sehat pagi hari disertai dengan materi gizi seimbang yang diberikan oleh Ibu Sih Rahayu, S.Pd. Ketentuan menu sarapan yang harus dibawa oleh peserta didik adalah makanan yang mencukupi kebutuhan gizinya. Sebelum menikmati makanan yang dibawa, peserta didik mendapatkan materi tentang komposisi makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan tersebut diantaranya perlu mengandung karbohidrat sebagai sumber energi utama, protein untuk perkembangan tubuh, serat untuk kesehatan pencernaan, vitamin dan mineral untuk keseimbangan tubuh. Setelah mendapatkan materi gizi seimbang, peserta didik mengevaluasi makanan apa yang belum ada di dalam menu untuk memenuhi kebutuhan mereka.
    Peserta didik dan warga sekolah yang tidak membawa bekal sarapan pagi mendapat hukuman dari sekolah. Terdapat beberapa peserta didik dan warga sekolah yang tidak membawa bekal sarapan lalu diminta maju ke depan oleh MC untuk diberi hukuman. Hukuman positif yang diberikan sekolah salah satunya adalah menceritakan alasan kenapa tidak membawa bekal dan kemudian mendapatkan bekal sarapan dari Bapak Sugiyanta, S.Pd. Rencananya sarapan pagi bersama akan terus dilaksanakan dengan menu yang berdiversifikasi dalam upaya mengenalkan dan memenuhi kebutuhan gizi seluruh warga sekolah.