Minggu, 17 Desember 2023

Lomba Tumpeng HUT SMP 1 SANDEN Ke-60

Lomba Menghias Tumpeng diadakan oleh sekolah dalam rangka peringatan Hari Lahir SMP 1 Sanden. Lomba tumpeng dilaksanakan pada hari Senin,tanggal 11 Desember 2023 sesuai hari lahir SMP 1 Sanden.Kegiatan lomba  diikuti oleh semua kelas 7,8 dan 9 dengan jumlah 15 kelas.Masing – masing kelas mewakilkan 5 peserta untuk maju  menghias tumpeng. Lomba menghias tumpeng diawali dari mencetak nasi menjadi tumpeng kemudian membuat hiasan tumpeng dan menyusunnya menjadi bentuk penyajian yang menarik dan  kreatif.Lomba diadakan di halaman SMP 1 Sanden pada pukul 07.40 WIB sampai dengan 08.40 WIB.

Dalam lomba kali ini peserta hanya diberi kesempatan menghias tumpeng dengan waktu 60 menit. Pada awal lomba para Juri nampak melakukan pemeriksaan terhadap bahan yang digunakan untuk menghias tumpeng. Semangat para peserta juga dirasakan sangat tinggi hal ini terlihat dari banyaknya bahan yang mereka siapkan. Tidak tanggung – tanggung ada yang membawa berbagai macam sayuran yang akan digunakan untuk hiasan, ada pula peserta yang membawa nasi kuning satu bakul penuh. Para penonton yang hadir pun bersorak memberi dukungan kepada temannya yang maju mewakili kelasnya agar dalam menghias tumpeng lebih semangat dan berharap menjadi juaranya. 

Dalam lomba Menghias Tumpeng ini Juri dipimpin oleh kepala sekolah SMP 1 Sanden ibu Windarti, M. Pd  ditemani 2 juri lainnya yaitu ibu Tri Astuti  dan Bapak Faturrohzi.Kriteria dalam penilaian yaitu: Kreativitas penyajian,kebersihan dan rasa. Setelah tumpeng selesai dihias maka para peserta membawa tumpeng ke ruang  laboratorium IPA untuk dinilai oleh tim juri dengan kirab tumpeng menuju tempat penilaian didampingi oleh wali kelas masing-masing.Lomba tumpeng kali ini menghasilkan kreativitas yang unik dan sangat mengagumkan yang dihasilkan oleh para peserta yang semuanya adalah siswa  SMP 1 Sanden yang hebat. Setelah juri selesai menilai, saatnya Tumpeng dimakan bersama – sama dikelas oleh semua siswa beserta wali kelasnya masing-masing. Pengumuman pemenang lomba menghias tumpeng akan diumumkan pada puncak acara HUT SMP 1 Sanden tanggal 23 Desember 2023.

(Red: Riyani)