Selasa, 19 Desember 2023

LOMBA 3 MAPEL ASPD HUT KE-60 SMPN 1 SANDEN

 


Peringatan Hari Ulang Tahun ke-60 SMPN 1 Sanden dimeriahkan dengan serangkaian acara mulai dari donasi air bersih, bakti sosial, ziarah, kenduri, lomba tumpeng, lomba pemanfaatan pojok baca, lomba seni dan lomba mata pelajaran Assessmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Bantul. Tujuan dari lomba mapel ini selain untuk merayakan ulang tahun SMPN 1 Sanden yang ke-60 juga memetakan kompetensi peserta didik SD terutama di area Sanden dan sekitarnya, selain itu juga sebagai sarana promosi sekolah.


Proses lomba dimulai dari pendaftaran peserta pada link google form yang dipublikasikan lewat surat resmi ke sekolah-sekolah maupun di sosial media. Pada lomba ini Peserta tidak dipungut biaya alias gratis, namun karena keterbatasan tempat maka kuota dibatasi 150 peserta. Dalam waktu 3 hari publikasi, kuota peserta sudah terpenuhi dan ditutup.

Lomba dilaksanakan hari Rabu, 13 Desember 2023 pukul 08.00 wib. Pada pukul 07.00 peserta sudah berdatangan didampingi oleh orang tua dan guru pembimbing. Peserta mengecek nama mereka di papan pengumuman untuk mengetahui lokasi ruang lomba. Lima belas menit sebelum lomba mulai, peserta memasuki ruangan dan duduk sesuai nama mereka yang tercantum di kartu peserta. Mata pelajaran yang dilombakan yaitu Bahasa Indonesia (20 soal), Matematika (15 soal) dan IPA (15 soal). Sebelum mengerjakan soal, pengawas terlebih dahulu membacakan tata tertib peserta lomba. Peserta diberi waktu 120 menit untuk mengerjakan namun diperbolehkan keluar ruangan jika sudah selesai. Setelah lomba selesai, para peserta masih tampak berada di halaman sekolah. Mereka terlihat menikmati suasana dengan berswafoto berlatar pemandangan sekolah. Lomba mapel ini memperebutkan juara I, II dan III. Para juara akan mendapatkan piala dan uang pembinaan masing-masing 300k, 200k dan 150k.








Hasil lomba direkapitulasi oleh panitia. Ternyata ada 4 siswa peringkat II dengan nilai sama yaitu 72. Ke empat siswa tersebut dipanggil lagi ke sekolah pada hari Jumat, 15 Desember 2023. Mereka berjuang kembali dengan mengerjakan 10 soal Bahasa Indonesia dan Matematika. Hasil kerja siswa dikoreksi panitia dan didapatkan 2 siswa dengan nilai sama untuk peringkat II dan III. Kedua siswa tersebut mengerjakan soal lagi untuk ketiga kalinya. Mereka mengerjakan 5 soal Matematika. Hasilnya, Ardina Riska Alvionita dari SDN Payungan berhasil mengungguli Fathin Surya Nugraha dari SDN 1 Sanden.  Sedangkan Juara I diraih oleh Tsuraya Zafira Istiadi dari SDN 1 Kretek. (NH)

https://youtu.be/al9RcrEWbaw?si=byX0Tnx5s51pc14Q