Selasa, 08 Maret 2022

SMPN 1 Sanden Bantul Deklarasikan "MESRA SEHATI"






Senin, 21 Februari 2022, SMPN 1 Sanden mengikuti kegiatan deklarasi akbar Sekolah Ramah Anak yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul. Kegiatan ini merupakan salah satu cita-cita pencapaian Kabupaten Bantul sebagai Kabupaten Layak Anak pada tahun 2024 dan menjadi salah satu misi Bupati dan Wakil Bupati Bantul. Kegiatan deklarasi Sekolah Ramah Anak serentak diikuti oleh seluruh jenjang sekolah dari PAUD hingga Sekolah Menengah Atas Kabupaten Bantul melalui Zoom Meeting dan streaming dikanal Youtube BantulTV.


Acara deklarasi Sekolah Ramah Anak di SMPN 1 Sanden dihadiri oleh komite sekolah Bapak Andriyan Hepiyanto, kepala sekolah Ibu Windarti, M.Pd, guru dan karyawan, serta perwakilan siswa. Deklarasi SRA SMPN 1 Sanden memiliki motto “Mesra Sehati” yakni menuju Sekolah Ramah Anak Sehat Aman Tertib dan Rapi. Mesra sehati bertujuan mewujudkan sekolah ramah anak, sehat, aman, tertib dan rapi sehingga tercipta taman siswa/anak belajar dengan suasana yang menyenangkan dan dihormati hak-haknya.

Sugiyanto, S.Pd. selaku Ketua SRA SMPN 1 Sanden menjelaskan untuk menjadi Sekolah Ramah Anak, SMP 1 Sanden perlu mempersiapkan 6 komponen yakni kebijakan kurikulum, tenaga kependidikan, sarana prasarana, partisipasi anak, dukungan orangtua dan dukungan komite sekolah. 6 komponen SRA dapat dicapat dengan adanya komitmen bersama dari seluruh keluarga SMPN 1 Sanden. Harapannya jika keenam komponen dapat terpenuhi, SMPN 1 Sanden dapat lebih cepat menjadi sekolah yang ramah anak. Komite Sekolah juga menjelaskan bahwa pihaknya siap mendukung penuh SMPN 1 Sanden menjadi Sekolah Ramah Anak. (red AIN)